LAPORAN TUGAS BESAR
“GAME SEDERHANA TEBAK ANGKA”
Disusun untuk Memenuhi Matakuliah
Praktikum Pemrograman Komputer
Yang Dibimbing oleh
Bapak Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom.
Oleh:
Fatma Cahyaningrum (150534607277)
S1 PTE 2015 Offering B
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PRODI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
MEI 2016
GAME
SEDERHANA TEBAK ANGKA
Fatma
Cahyaningrum
Program
Studi Pendidikan
Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik,
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
fatmacahya12@gmail.com
Abstrak
Bahasa
C++ merukapakan bahasa pemrograman komputer yang berasal dari pengembangan
bahasa C. Bahasa pemrograman C++ ini banyak sekali ketentuan-ketuntuan yang
harus kita patuhi agar program yang kita buat sama seperti apa yang kita
fikirkan, dan program bisa berjalan tanpa ada error.
Dengan
bahasa pemrograman C++ banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk
mengcompile program dengan bahasa C++, salah satunya adalah minGW. Dengan
minGW kita dapat membuat banyak program diantaranya, membuat daftar menu,
menampilkan harga suatu barang, menghitung suatu bangun ruang, bahkan dapat
membuat game sederhana.
Pada
paper ini akan dibahas mengenai pembuatan game sederhana tebak angka dengan
bahasa C++ menggunakan compiler minGW. Di dalam pembuatan game tebak angka
ini adalah gabungan dari beberapa ketentuan dari bahasa C++ diantaranya
fungsi, array, perulangan, operasi kondisi, operator. Dengan penggabungan
ketentuan tersebut dapat menyingkat script yang panjangdan dapat memudahkan
pembuatan program yang kita inginkan.
Kata
kunci: pemrograman,
C++, minGW, game.
|
1.
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
C++
adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup)
merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie)
pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu
BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang
dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American
National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan,
Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan
jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama
kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++,
dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low
level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan
sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang
paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman
berorientasi objek (Object Oriented Programming).
Bahasa
tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia, C dan C++
merupakan contoh bahasa dari bahasa tingkat tinggi. Contoh lain dari bahasa
tingkat tinggi adalah Pascal , Perl, Java, dan lain lain. Sedangkan bahasa
tingkat rendah merupakan bahasa mesin atau bahasa assembly.
Secara
sederhana sebuah komputer hanya dapat mengeksekusi program yang ditulis dalam
bahasa mesin. Oleh karena itu , jika suatu program ditulis dalam bahasa tingkat
tinggi, maka program tersebut harus diproses dahulu sebelum bisa dijalankan
dengan komputer.
1.2 Tujuan
Pembuatan paper ini
bertujuan untuk:
a. Memudahkan pembaca mengerti akan program yang telah saya buat
b. Memenuhi persyaratan uas DPK (Dasar Pemrograman Komputer)
1.3 Manfaat
Pembuatan paper ini mempunyai manfaat yaitu:
a. Pembaca lebih mudah mengerti akan program yang telah saya buat.
2. Dasar Teori
2.1.
Tinjauan tentang “Game Sederhana Tebak Angka”
Game
Sederhana Tebak Angka ini merupakan gabungan dari program program yang berasal
dari modul 1 sampai modul 7 yaitu system oprasi, ide visual C++, algoritma
pemrograman, operator, operasi kondisi, perulangan, array, dan fungsi.
2.2.
Bahasa
C++
C++ adalah
bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan
perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal
tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL.
3. Kerangka Program
Program ini mempunyai tujuan untuk menghibur
siapaun yang membuka program game sederhana tebak angka. Danjuga program ini
dibuat untuk memenuhi tugas akhir pemrograman komputer.
Berikut algoritmanya:
1.
Mulai program
2.
Masuk halaman awal
3.
Masukkan nama panggilan
4.
Loading untuk masuk ke game
tebak angka
5.
Mulai bermain tebak angka
6.
Apabila user hanya mengiyakan
peti a saja maka jawabannya 8
7.
Apabila user hanya mengiyakan peti
a dan b saja maka jawabannya 4
8.
Pabila user hanya mengiyakan
peti a, b, dan c saja maka jawabannya akan 2
9.
Apabila user mengiyakan peti
a, b, c, dan d maka jawabannya 1
10.
Apabila ia menjawab angka
1-15 maka akan menampilkan angka yang ia
fikirkan
11.
Apabila iaya tidak memikirkan
angka 1-15 maka program akan menampilkan angka yang ia fikirkan tidak benar,
angka harus antara 1-15
12.
Selesai
Adapun untuk model flowchart sederhananya
adalah sebagai berikut (model flowchart lengkapnya terlampir pada lampiran I)
4. Hasil
4.1 Source Code
Source Code dari program ini terlampir pada Lampiran II.
4.2 Print Screen
Berikut ini disajikan tampilan layar console dari program
User
memasukkan nama
Loading untuk
masuk ke dalam game
Mulai bermain
tebak angka
Apabila
jawaban kita ‘y’ pada keempat peti maka kita memikirkan angka 1 dan program
akan menampilkan angkanya.
5.
Pembahasan
Program ini menggunakan header #include <iostream.h> yang berfungsi
untuk cout dan cin dan header #include <conio.h> yang berfungsi untuk
getch () dan system (“cls”) atau untuk membersihkan layar.
Di dalam program ini terdapat fungsi awalan, masukkan nama,
loading, inisial, kartu, jawaban, tampilan_jawaban, dan main. Semua fungsi
tersebut akan di susun pada fungsi main dengan perulangan for (i=0; i<=1;
i--).
Pendeklarasian pada program ini yaitu char ans1, ans2, ans3, ans4,
int a, dan menggunakan array char nama [15]. Array di sini untuk nama yang di
masukkan oleh user, saya membuatnya 15 karater apabila lebih dari 15 maka
program tidak akan membaca karakter selanjutnya.
Pada void masukan_nama ()
terdapat cin.getline (nama, sizeof (nama)) yang berfungsi untuk program dapat
membaca karakter nama setelah spasi.
Pada void loading terdapat perulangan untuk menampilkan loading,
disini saya mengguunakan angka, jadi menggunakan perulangan for(int i=o;
i<=200; i++) karena saya mendklarasikan i<=200 maka nanti akan keluar 200
persen.
Pada void kartu () akan menampilkan persyaratan game yang akan di
lakukan.
Pada void jawaban () terdapat operasi kondisi yaitu if(ans1 == 'y'
|| ans1 == 'Y') {a=8} if(ans2 == 'y' || ans2 == 'Y') {a=4} if(ans3 == 'y' ||
ans3 == 'Y') {a=2} if(ans4 == 'y' || ans4 == 'Y') {a=1} yang artinya jika kita
memilih hanya di peti a maka angka yang di tampilkan adalah 8, apabila yang
dipilih peti a dan b maka angka yang di tampilkan adalah 4, apabila peti yang
di pilih adalah a, b, c, maka angka yang di tampilkan adalah 2. Dan apabila
peti yang di pilih adalah a, b, c, dan d maka angka yang di tampilkan adalah 1.
Pada void tampilan_jawaban (), menampilkan hasil dari jawaban
pertanyaan pada void jawaban ().
Program
ini akan berjalan mulai dari awalan, kemudian setelah tekan enter masukkan nama
setelah memasukkan nama tekan enter kemudian akan muncul loading. Setelah
loading akan menampilkan game tebak angka. Setelah itu akan di tampilkan
pertanyaan pertanyaan yang harus di jawab. Setelah itu program akan menebak
angka yang user fikirkan.
6. Penutup
Kesimpulan
Game tebak angka ini
sangat mudah di mainkan, karena hanya memilih satu angka yang ada di peti mana
saja, dan menjawab pertanyaan apakah ada di peti a, b, c, atau d. setelah
menjawab pertanyaan maka program akan menebak angka yang telah anda fikirkan.
Daftar Pustaka
Tim Asisten Dosen. 2014. Modul 1-7. Malang : Universitas Negeri Malang.
Lampiran II
Script program:
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
char ans1, ans2,
ans3, ans4;
int a;
char nama
[15];//array
void awalan()
{
system ("color 0a");
cout<<"\t\tPERMAINAN\t\t\t\n";
cout<<"_______ _____
____ _ \n ";
cout<<" |
| | |
| | | | \n
";
cout<<" |
|_____ |____| |___|
|_| \n ";
cout<<" |
| | | | |
| | \n ";
cout<<" |
|_____ |_____| | |
| | \n ";
cout<<" \n";
cout<<" _
_______ ______ _ \n";
cout<<" | |
| | |
| | | |
\n";
cout<<" |___|
| | | ___ |_|
|___| \n";
cout<<" |
| | | | | |
| |
| | \n";
cout<<" | | |
| |______| | | | |
\n";
cout<<"\n";
cout<<"\n";
cout<<"\t\t(tekan enter)";
getch();
}
void masukan_nama()
{
cout<<"\n";
cout<<"\n";
cout<<"Ketikkan nama panggilan kamu
disini = ";
cin.getline(nama, sizeof(nama));
cout<<"\nTerima Kasih "
<< nama <<", silakan bermain...
"<<endl<<endl;
system ("cls");
}
void loading ()
{
system ("color 0b");
for(int i=0;i<=200;i++)//perulangan
{
cout <<
"---------------------------TEBAK
ANGKA-----------------------------\n";
cout <<
"-------------------------------------------------------------------\n";
cout<<endl<<endl<<endl<<endl;
cout<<"\t\t\tLoading . . . . .
"<<i<<"%"<<endl;
system("cls");
}
}
void kartu()
{
system ("color 1b");
cout <<
"---------------------------TEBAK
ANGKA-----------------------------\n";
cout <<
"-------------------------------------------------------------------\n";
cout << "\n TERDAPAT 4 PETI\n";
cout << "yang disetiap peti
terdapat angka di dalamnya\n";
cout << endl;
cout << "|==========| |==========|
|==========| |==========| \n";
cout << "|----**----| |----**----|
|----**----| |----**----| \n";
cout << "| peti
| | peti
| | peti
| | peti
| \n";
cout << "| A
| | B
| | C
| | D
| \n";
cout << "|__________| |__________|
|__________| |__________| \n";
cout << endl << endl;
cout << "Peti A : 1, 2, 3, 4, 5, 6,
7, 8" <<endl;
cout << "Peti B : 1, 2, 3, 4, 9, 10, 11, 12" <<endl;
cout << "Peti C : 1, 2, 5, 6, 9, 10, 13, 14" <<endl;
cout << "Peti D : 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 15" <<endl;
cout << endl;
cout
<< "\nTugas kamu adalah pikirkan SEBUAH ANGKA 1-15 yang ada di peti
mana saja, "<<endl;
cout << "\nlalu jawablah
pertanyaan di bawah ini !";
cout << endl<<endl;
}
void jawaban()
{
cout << "Apakah angka kamu ada
di peti A "<< nama << "? (y/t)";
cin >> ans1;
if(ans1 == 'y' || ans1 == 'Y')
a -= 8;
cout<<endl;
cout << "Apakah angka kamu ada
di peti B "<< nama << "? (y/t)";
cin >> ans2;
if(ans2 == 'y' || ans2 == 'Y')
a -= 4;
cout<<endl;
cout << "Apakah angka kamu ada
di peti C "<< nama << "? (y/t)";
cin >> ans3;
if(ans3 == 'y' || ans3 == 'Y')
a -= 2;
cout<<endl;
cout << "Apakah angka kamu ada
di peti D "<< nama << "? (y/t)";
cin >> ans4;
if(ans4 == 'y' || ans4 == 'Y')
a
-= 1;
cout<<endl<<endl;
}
void inisial()
{
a=16;
}
void
tampilan_jawaban()
{
if(a > 0 && a <= 15)//oprasi
kondisi
{
cout << "Angka yang ada
dipikiran "<<nama<<" adalah " << a
<<" , benar kan???"<<endl<<endl;
cout<<" ,,,
,,, "<<endl;
cout<<"
( ',') ('o')/
"<<endl;
cout<<" . .
. . "<<endl;
cout<<" <|''|> /|''| "<<endl;
cout<<" |__| |__|
"<<endl;
cout<<" ./ L
./ L "<<endl;
}
else
cout << "Angka yang "
<< nama << " pikirkan tidak benar, angkanya harus antara 1-15
lho"<<endl<<endl;
cout <<
"--------------------------------------------------" << endl;
cout << " terimakasih "<< nama
<<" sudah bermain tebak angka" <<endl;
cout <<
"--------------------------------------------------" << endl;
}
int main()//fungsi
{
int i =1;
awalan();
for(i = 0 ; i <=1 ; i--)
{
masukan_nama();
loading ();
inisial();
kartu();
jawaban();
tampilan_jawaban();
return i;
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar